Kebaikan Para Klien Di Sepanjang Tahun 2011

Bagi saya, tahun 2011 adalah tahun yang luar biasa. Dalam menerjemahkan, di tahun inilah saya memberanikan diri untuk terjun ke dunia penerjemahan secara profesional (sebelumnya saya menerjemahkan sukarela untuk pelayanan atau membantu teman). Dan meskipun karya yang saya ‘lahirkan’ belum sebanyak kuota teman-teman penerjemah lainnya, karya-karya awal ini mengajari saya banyak hal. Pengalaman berelasi dengan beberapa klien pengorder terjemahan juga menorehkan kenangan tersendiri. Dan saya sangat bersyukur pada Tuhan karena tahun ini masih minim goncangan, dalam artian hampir semuanya mulus-mulus saja. Kalaupun ada pengalaman buruk dengan calon klien tertentu, klien-klien yang bekerja sama dengan saya semuanya baik-baik. Jadi, halaman ini saya dedikasikan khusus untuk menuliskan semua kebaikan mereka. 🙂

Ada klien membayar jasa saya tepat waktu, sesuai dengan waktu dan nominal yang dijanjikan di awal. Dari pengalaman menerjemahkan saya yang belum seberapa ini, syukurlah belum ada klien yang terlambat membayar.  Malah ada sebuah penerbit yang, meskipun setoran terjemahan saya mundur satu minggu dari SPK, tetap mentransfer tepat waktu. Duh, semoga saya tak akan pernah terlambat setor tugas lagi di tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.

Ada juga klien yang selalu terbuka untuk diskusi dan merespons segera pertanyaan-pertanyaan saya. Biasanya saya ‘merepotkan’ editor terjemahan dalam hal glosarium, ketika ada istilah yang sering muncul dalam buku dan saya tidak terlalu yakin mau diterjemahkan apa. Saya kirimkan dua atau tiga alternatif terjemahannya ke editor bersangkutan dan meminta beliau memilih. Sejauh ini baru sebatas itu, sih, dan saya bersyukur editor-editor yang pernah bekerja sama dengan saya selalu kooperatif.

Ada klien yang mau memberikan koreksi atas hasil kerja saya secara terbuka. Tentu saja, ini banyak membantu saya untuk mengerti kemauan sang klien, jadi saya sangat menghargai jika ada klien yang terang-terangan mengoreksi saya dengan cara yang membangun, bukan menjatuhkan.

Ada juga klien yang ‘memanusiakan’ saya dan menghargai hasil kerja saya. Saya pernah menjumpai seorang klien yang agak unik. Seperti biasa, saat pertama kali menjalin relasi, saya selalu mengirimkan contoh-contoh terjemahan. Nah, beliau menyukainya dan menawarkan rate sekian. Tapi yang membuat saya terharu adalah kata-katanya sebelum meminta saya mengerjakan tes terjemahan: “Selviya, I like how you have translated/edited your previous works by interpreting and capturing the essence the text, and not just literally translating it. Thats exactly what I am looking for and I hope you can do something similar to the attached.” Serius, saya langsung terharu-biru, hehe… :’) Dan tentu saja, saya kerjakan terjemahan itu sebaik mungkin.

Singkat cerita, setelah tes terjemahan itu saya kirimkan, beliau malah berinisiatif menaikkan penawaran tarif, yang WOW… justru melampaui ekspektasi saya. Tapi dari semua itu, yang paling saya hargai adalah bahwa dia menghargai hasil kerja saya, tanpa takut pujian itu membuat saya jumawa dan menuntut tarif lebih, hehehe. Dalam kasus ini, saya mengamini perkataan Johann Wolfgang von Goethe, penulis drama, penyair, dan novelis asal Jerman: “Correction does much, but encouragement does more.

Jadi, terima kasih banyak, editor-editor tercinta, karena telah menjadikan proses menerjemahkan saya menjadi lebih manis. Mungkin nama-nama kalian tidak tercantum jelas di sini, but I believe you know who you are. 🙂 Semoga di tahun 2012 ini, daftar kebaikan itu semakin bertambah, bukan hanya dari sisi kalian (kalau kita berkesempatan bekerja sama lagi), melainkan juga dari sisi saya. Dan semoga setiap kebaikan kalian akan dibalas oleh rahmat dan kebaikan Tuhan, sesuai dengan waktu dan kehendak-Nya. Amin.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s