The Other Boleyn Girl (2008)

Ambisi meraih kekuasaan hanya akan menghancurkan dirimu dan orang-orang yang kau cintai. Mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan oleh film The Other Boleyn Girl (2008) ini.

Memotret kehidupan bangsawan, situasi politik, dan peran wanita dalam era Tudor, film ini mengisahkan hubungan asmara antara Henry VIII dan kedua bersaudari Boylen, Anne dan Mary. Kisah asmara yang ‘penting’ karena mengubah Inggris dan dunia untuk selamanya.

Kedua tokoh sentral dalam film ini, yaitu Anne (Natalie Portman) dan Maria (Scarlett Johanson)  ‘terjebak’ antara ikatan saudara yang penuh kasih sayang dan persaingan untuk memperebutkan hati raja dan memperoleh kekuasaan. Untuk sesaat, pertarungan itu dimenangkan oleh Anne, dan Maria didepak ke desa bersama putranya. Sejarah pun mencatat, ketika Henry VIII menceraikan Katherine of Aragon (Ana torent) karena cintanya pada Anne dan karena sang ratu tidak bisa memberi pewaris laki-laki, Inggris memisahkan diri untuk selamanya dari Roma dan dari pemerintahan Paus. Anne Boylen lalu dinobatkan menjadi ratu Inggris.

Namun masalah baru pun berkembang ketika anak pertama yang dilahirkan Anne berjenis kelamin perempuan (Elizabeth I), dan bayi-bayi yang ia kandung sesudahnya keguguran. Di tengah keputusasaannya — takut Raja akan menghukumnya karena tidak bisa memberi keturunan — Anne mengambil keputusan yang salah. Keputusan yang akan menyeret hidupnya dan keluarganya ke dalam penderitaan yang tragis.

Terkesan menyesakkan? Ya, jika Anda ingin sekadar melepas jenuh, film ini memang sebaiknya tidak ditonton. Film ini penuh intrik, beralur lambat, dan sangat serius. Karakter-karakter di dalamnya pun digambarkan kelam dan penuh luka. Namun terlepas dari semua itu, wardrobe-nya patut diacungi jempol karena telah menampilkan gaun-gaun yang menawan dan sangat memanjakan mata. Akting para pemerannya pun tidak buruk, apalagi mengingat kedua aktris utamanya bukanlah orang asli Inggris.

Film ber-setting kerajaan Inggris abad 16 ini disadur dari novel karya penulis Inggris Philippa Gregory, dengan judul yang sama. Memang sudah dirilis empat tahun lalu, tapi baru sempat saya tonton sekarang. 😛

Rating: 4/5

Advertisements

One thought on “The Other Boleyn Girl (2008)

  1. Jumalan Palvelija

    Saya merasa lebih cocok dengan Anne Boylen versi yang Anne The Thousand Days yang diperankan oleh Genevieve Bujold ~hm bagaimana mengejanya?.
    Memang menurut beberapa sejarawan masa kini, Anne memang pribadi yang ambisius. Bagaimana pun juga, banyak yang mengatakan novel Philippa Gregory ini tidak akurat secara historis.
    Adegan paling berkesan di Anne The Thousand Days adalah saat ia akan dieksekusi. Saya menontonnya belasan tahun lalu waktu masih SMP.

    Reply

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s