Menyunting Kumcer Remaja (Once Upon A Time)

Seingat saya, terakhir kali saya menyunting kumpulan cerpen remaja adalah empat tahun lalu, saat saya baru pertama kali berkecimpung di dunia penerbitan buku. Waktu itu penerbit tempat saya bekerja memang masih belum memfokuskan diri di genre tertentu dan terbuka dengan kiriman naskah dari berbagai genre, termasuk kumpulan cerpen remaja. Namun sejak bergabung dengan penerbit tempat saya bernaung sekarang, saya tak pernah lagi menyentuh kumpulan cerpen remaja. Baru-baru ini saja, ketika lini baru kami yang mengkhususkan diri di POD Publishing dibuka, saya bertemu lagi dengan genre yang satu ini.

Once Upon A Time ditulis oleh teman saya semasa SMA, Titoley Tako. Dulu (dan hingga sekarang), saya mengenalnya sebagai teman yang kocak dan ramainya minta ampun. Tapi dulu saya tidak terlalu ngeh kalau ia pun seorang penulis yang berbakat. Karena itu, ketika ia menawari saya untuk menjadi first-reader kumpulan cerpennya, saya langsung mengiyakan.

Dan ternyata kualitas cerita-ceritanya oke punya! Alur yang mengalir mulus, gaya bahasa yang mengingatkan pada novel-novel terjemahan, karakter yang mempesona, dan kejutan-kejutan manis menganyam Once Upon A Time menjadi buku yang layak dibaca setiap remaja. Pesan-pesan yang diusungnya pun inspiratif, dan yang paling penting, saya percaya setiap pembaca dapat bercermin di sana dan merasakan bahwa dirinya pun ada dalam setiap jalinan kisah.

Akhirnya saya pun menyarankan Tito untuk menerbitkan karyanya melalui Illuminatie, lini POD Publishing dari MIC Publishing. Ia setuju, dan saya pun turun tangan untuk langsung mengeditori kumpulan cerpen ini. Jujur, kerjaan saya tidak terlalu berat karena ceritanya sendiri sudah sangat bagus. Hanya dibutuhkan sedikit memperhalus di sana-sini dan mengoreksi tanda baca.

Nah, kumpulan cerpen ini pun diperindah dengan ilustrasi yang unik dan segar dari Stella Pong. Detail ilustrasinya bisa dilihat di sini. Jika Anda tertarik untuk memesan Once Upon A Time atau sekadar ingin melihat sampel halamannya, segeralah meluncur ke sini. Happy reading! 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Menyunting Kumcer Remaja (Once Upon A Time)

  1. Pingback: Behind The Scene “Once Upon A Time”: Pentingnya Seorang Editor « Titoley's World

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s