Analisis Fundamental

1000796_393160074127540_1306618033_n
Judul: Analisis Fundamental | Penulis: RH Liembono |
Penyunting: Selviya Hanna | Tebal: 300 hlm 

Banyak orang memahami Analisis Fundamental sebagai cara membaca rasio- rasio keuangan saja. Padahal, analisis fundamental sangatlah luas dan lebih dari itu. Analisis fundamental juga tidaklah sesulit yang dibayangkan.

RH Liembono menganalogikan analisis fundamental seperti penyakit dan gejala penyakit. Misalnya saja, ada seorang yang terjatuh kemudian tidak dapat menggerakan badannya. Ada beberapa pandangan:

1. Orang tersebut jatuh. Karena terjatuh, dia pun terkena stroke sehingga tidak bisa menggerakkan badannya.

2. Orang tersebut terkena stroke; karena itulah dia jatuh.

Walau sama-sama jatuh, diagnosis yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda pula. Apakah kejatuhan yang menyebabkan stroke atau stroke-lah yang menyebabkan kejatuhan membutuhkan penanganan yang berbeda.

Apakah laporan keuangan perusahaan mengubah harga saham seperti yang diharapkan banyak orang? Ataukah harga saham sudah berubah sebelum laporan keuangan dikeluarkan sehingga ketika laporan keuangan keluar bagus sering kali harga saham tiba- tiba turun?

Banyak orang sekadar memahami bahwa jika membeli perusahaan yang labanya naik, harga sahamnya akan naik pula sehingga si pembeli akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham tersebut. Namun sering kali si pembeli kecewa karena setelah membeli berdasarkan kenaikan laba, tiba- tiba harga saham terus turun. Akibatnya, dia tidak percaya lagi pada analisis fundamental.

Bagi yang skeptis dengan analisis fundamental mungkin menganggapnya tidak valid. Namun, bagi RH Liembono, analisis fundamental tetaplah valid. Cara pandang kitalah yang perlu diubah sebelum menggunakannya. Seperti halnya pisau bermata dua, analisis fundamental dapat berguna bagi penggunanya. Namun, jika salah digunakan, dapat membahayakan pengguna.

Dalam buku Analisis Fundamental, Anda akan mengetahui bahwa semua rasio keuangan yang Anda ketahui sudah expire. Pemahaman bahwa membeli perusahaan bagus yang labanya naik pasti untung, jelas salah. Buku ini akan membeberkan cara pandang baru terhadap analisis fundamental – bagaimana memahami analisis fundamental secara lebih menyeluruh. Dilengkapi dengan strategi manajemen hidup, uang, serta investasi yang membumi — karena berangkat langsung dari pengalaman pribadi penulis – Analisis Fundamental akan menjadi panduan yang tepat untuk memahami seluk-beluk dunia saham dan membangun kehidupan sebagai investor saham atau trader.

Anda bisa mendapatkannya dengan membeli langsung di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s