… mungkin adalah Anda.

Sekalipun Anda bekerja ikut orang, bos Anda adalah Anda. Anda menata karier, hari, dan reaksi Anda. Anda mengatur cara Anda menjajakan jasa, menempuh pendidikan, dan bicara pada diri sendiri.

Kemungkinan besar, kerja Anda payah.

Seandainya ada manajer yang berbicara pada Anda seperti Anda bicara pada diri sendiri, Anda pasti sudah dipecat. Kalau bos Anda menghambur-hamburkan waktu seroyal Anda, dia pasti sudah dipecat. Jika ada perusahaan membina karyawannya seburuk Anda mengembangkan diri Anda, perusahaan itu tak lama lagi akan tenggelam.

Saya takjub melihat betapa banyak orang yang memilih untuk gagal padahal mereka bebas memillih, atau bekerja di tempat yang memungkinkan mereka menata agenda harian dan mengelola diri sendiri. Saat dibebaskan untuk melesat, mereka justru bimbang, tertegun, dan menjatuhkan bola.

Kita terkejut saat ada orang yang berhasil dengan caranya sendiri dan menuai sorotan. Orang yang menemukan cara bekerja dari rumah dan mengubahnya menjadi perjalanan selama dua tahun, berkawan laptop, menjelajahi dunia sambil tetap bekerja. Kita tercengang saat melihat orang yang menggunakan sore dan akhir pekannya untuk kuliah lagi atau memulai usaha sampingan baru. Dan kita iri saat menjumpai orang yang mampu merengkuh kebahagiaan dengan usahanya sendiri, seolah itu barang langka yang tidak layak jatuh ke tangannya.

Kalau Anda adalah bos terpayah di dunia, mungkin Anda juga guru terpayah di dunia. Kita tak bisa mengandalkan orang lain mengajari kita, terutama setelah kita berusia sepuluh tahun. Tidak, masa depan adalah milik orang-orang yang memutuskan untuk menjadi bos (dan guru) terbaik bagi dirinya sendiri.

(Cuplikan dari terjemahan yang sedang saya garap. Saya bagikan di sini karena inspiratif sekaligus menohok — setidaknya bagi saya)

Advertisements

2 thoughts on “Bos terpayah di dunia …

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s