SUN INDONESIA: Merintis Usaha Digital Printing Kian Mudah dan Murah

Seorang rekan yang berkecimpung di usaha digital printing pernah berkata pada saya, “Bisnis ini (digital printing) gak ada matinya!”

“Kenapa?” tanya saya saat itu, agak penasaran lantaran jenis usaha ini sudah menjamur di mana-mana.

“Masyarakat kita ini pada dasarnya visual, senang dengan apa yang tampak di depan mata. Dan, masyarakat kita juga tingkat narsisnya tinggi. Mug polos, jam polos, pin polos yang dikasih foto sama pernik-pernik lucu pasti laku dijual!”

Saya baru mengamini kebenaran kata-katanya saat perusahaan (mantan) tempat saya bekerja membuka lini baru, yaitu gerai customized merchandise di toko buku suatu mall besar di Surabaya. Berhubung karyawan tetap untuk menjagai stan tersebut belum ada, kami (termasuk saya yang aslinya editor buku) pun ikut bergiliran menjaga. Dari pengalaman itulah, saya belajar bahwa animo pengunjung pada pernak-pernik yang bisa dipersonalized atau diberi sentuhan pribadi amatlah tinggi.

Mereka berbondong-bondong memilih alternatif template desain,  menyalurkan foto dari ponsel dan BB via Bluetooth, dan berdecak senang saat melihat hasilnya. Apalagi, saat itu kami menawarkan layanan “10 menit langsung jadi”. Banyak yang datang tidak hanya memesan untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk hadiah. Tanpa tambahan biaya, jadilah personalized merchandise yang tidak mahal tapi meninggalkan kesan bagi sang penerima hadiah. Entah itu kado ulang tahun, valentine, natal, lebaran, wisuda—semua momen istimewa itu bisa dimeriahkan dengan merchandise unik yang dibuat khusus.

Hal lain yang saya pelajari dari pengalaman itu adalah, usaha digital printing ini sejatinya tidak sulit. Bayangkan, Anda tidak perlu invest mesin cetak besar-besaran seharga puluhan juta. Anda bahkan bisa memulai dengan modal di bawah lima juta! Cukuplah ada printer, mesin press, serta bahan baku berkualitas, dan Anda bisa memulainya di mana pun. Tak perlu gerai tetap di mall ternama; Anda bisa saja membuka stan di koperasi universitas atau sekolah. Atau di teras rumah sendiri. Biaya sewanya lebih murah, bahkan nol, tapi keuntungannya cukup besar.

Kans Anda untuk sukses di bisnis ini besar, asalkan punya kreativitas dan partner yang tepat. Tentu, dengan maraknya paket usaha di bidang digital printing yang ditawarkan saat ini, Anda perlu cermat dalam memilih partner. Salah satu penyedia paket usaha digital printing yang punya rekam jejak tepercaya dan layak dipertimbangkan adalah SUN INDONESIA.

sun indonesia

SUN Indonesia berdiri sejak tahun 2003 di Surabaya, Indonesia, dengan spesialisasi di bidang modifikasi (CISS), Ink, Paper & Digital Printing Tools. Perusahaan yang bermotto “Brand You Can Trust” ini bertekad menjamin kepuasan pelanggan dengan paket usaha dan produk-produk jawara. Inilah beberapa di antaranya:

  1. Paket Usaha yang Menguntungkan
paket upgrade combo deluxe

Paket Upgrade Combo 5 In 1 Deluxe yang dilengkapi mesin press multifungsi, sehingga Anda bisa langsung membuka usaha pembuatan pin, mug, topi, dan kaos sekaligus.

SUN INDONESIA menyediakan beragam paket usaha yang bisa Anda pilih sesuai dengan modal dan kebutuhan. Jika Anda masih dalam tahap merintis belum punya modal besar, mulailah dari paket termurah, yaitu khusus ID Card seharga Rp. 1.500.000 (Paket ID Card) , khusus pin seharga Rp. 3.050.000 (Paket Press Pin Deluxe), atau khusus mug seharga Rp.3.200.000 (Paket Press Mug Digital Deluxe). Yang Anda dapatkan bukan hanya mesin press, tetapi juga bahan baku seperti mug, pin, dan lain sebagainya. Kalau punya modal lebih, tambahkan juga paket khusus T-Shirt seharga Rp. 4.700.000 (Paket Press T-Shirt Deluxe). Semuanya sudah dilengkapi mesin press, bahan baku seperti mug dan pin polos, tinta infus, serta printer Atau, sekalian belilah paket mesin press multifungsi, sehingga Anda bisa langsung membuka usaha pembuatan pin, mug, topi, dan kaos sekaligus. Biayanya Rp. 8.600.000 (Paket Upgrade Combo 5 In 1 Deluxe) dan Rp. 11.000.000 (Paket Upgrade Combo 8 In 1 Deluxe).

  1. Tinta Bermutu Tinggi

tinta SUN Indonesia

Tinta berkualitas rendah akan mudah luntur atau berubah warnanya dalam waktu singkat. Dan itu, tentunya, akan mengganggu kepuasan pelanggan. Karena itulah, untuk produk tintanya, SUN INDONESIA menggunakan material terbaik dari Jerman dan diproduksi di salah satu pabrik tinta terbesar di Korea. Di sini Anda bisa membeli tinta refill, tinta infus, dan tinta sublim (khusus memindahkan gambar hasil print ke media lain seperti mug, misalnya) sesuai kocek dan jenis printer Anda. Kualitas tinta SUN INDONESIA bahkan digadang-gadang lebih baik daripada tinta original, dan itu terbukti saat demo produk pada acara grand final Entrepreneur Idea Competition, yang diliput dan dimuat Jawa Pos 22 Mei 2014.

Epson tinta dan kertas

  1. Photo Paper

Jelas, dalam usaha digital, kertas adalah salah satu material terpenting. Itulah sebabnya, SUN INDONESIA hanya menjual photo paper atau kertas terbaik dari pabrik China dan Jepang. Dengan harga terjangkau, Anda bisa membeli berbagai macam kertas untuk kebutuhan bisnis Anda, mulai dari kertas glossy, stiker, inkjet, silky, colourlife, sublime, fancy paper, art paper, dan lain sebagainya.

kertas glossy SUN

Salah satu produk photo paper yang tahan air dan cepat kering, Photo Glossy Paper 185 Gsm A4 (Harga: Rp. 20.000)

Nah, Selain menjadi one-stop-solution bagi pebisnis dan perintis usaha digital printing dengan paket usaha dan produk-produk bermutunya, SUN INDONESIA juga getol mengadakan berbagai event yang bertujuan menumbuhkan jiwa bisnis dan kreativitas pelanggannya. Selama ini, SUN INDONESIA secara berkala menggelar kompetisi di dunia maya serta di dunia nyata. Salah satu yang terkenal dan diliput surat kabar nasional adalah Entrepreneur Idea Competition, yang mengajak kawula muda merancang ide bisnis yang unik dan berpotensi menguntungkan.

entrepreuner idea competition SUN

Selain itu, SUN INDONESIA juga menyelenggarakan adu foto kreatif melalui akun media sosialnya, seperti SUN Valentine Photo Contest dan Papercraft Photo Contest (yang masih berlangsung hingga November 2014—buruan ikut!). Dan, tentu saja, hadiah-hadiah yang ditawarkan pun menggiurkan 🙂 Jika tak ingin ketinggalan info kontes terbaru dari SUN INDONESIA, pantengin terus akun medsosnya di Facebook dan di Twitter @sunindonesia.

Sun Paper Craft Photo Contest

valentine photo competition

Nah, jika Anda tertarik mendulang untung dari bisnis digital printing bersama SUN INDONESIA, silakan sambangi SUN CENTER di Surabaya yang beralamat di Hi Tech Mall Lt 1 D no. 22-23, Jl. Kusuma Bangsa 116-118, Surabaya (Telepon: 031 – 5459380, 031 – 60650800, 081331827241). Toko ini buka Senin-Sabtu (09.30-17.30). Atau kunjungi dulu situs webnya, www.sun-indonesia.com, untuk melihat-lihat dan membeli secara online.

logo kompetisi

Update 6 Agustus 2014: artikel ini berhasil memenangkan juara ketiga (yay!) dan berhak atas hadiah tabungan pendidikan sebesar Rp.1.500.000. Lumayaannn.. 

blog writing 3rd winner

Advertisements

4 thoughts on “SUN INDONESIA: Merintis Usaha Digital Printing Kian Mudah dan Murah

  1. Pingback: Pemenang SUN Blog Writing Competition

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s