Category Archives: Celebrating Life

Love Me As The Way I Am

Ada dua alasan utama saya menggemari buku anak, khususnya storybook. Yang pertama adalah karena saya selalu ingin menjadi penulis bacaan anak yang produktif, meski sekarang masih terkendala oleh kesibukan menerjemahkan. Tapi paling tidak, saya terus mengisi asupan gizi dan menimbun bank ide yang siap diolah begitu saya punya waktu senggang. Alasan kedua adalah karena kisah-kisah itu sering kali menyentuh defisit saya yang terdalam, memuaskan sisi anak kecil dalam jiwa saya.

Di antara koleksi buku bacaan anak yang menggunung di kamar saya, ada satu storybook yang suka saya baca berulang-ulang. Buku itu berjudul The Doll Who Burps & Burps & Burps, yang ditulis oleh Arleen Amidjaja, penulis buku anak favorit saya. Cerita ini berkisah tentang seorang boneka yang defective—hanya bisa bersendawa, ketika seharusnya ia dirancang untuk dapat menyanyikan sepuluh kidung Natal yang indah. Di saat boneka-boneka penyanyi lainnya dibeli dan menemukan rumah untuk Continue reading

Saat Jemu Berkarya …

Strategi pertama: pergi ke toko buku. Dijamin, melihat buku kita berjejer dengan manis di rak toko buku bersama buku karya tulisan, terjemahan, dan suntingan teman-teman pasti kembali mengobarkan semangat.


Strategi kedua: lupakan karya sejenak dan lakukan aktivitas yang tak berkaitan, misalnya berburu obral baju, jalan-jalan ke gunung, touring bareng teman-teman, wisata kuliner — pokoknya bersenang-senang! Continue reading

PERENUNGAN BAK KAMAR MANDI

6a00e3981de7fa883300e54f901e428833-800wiSEKITAR sebulan lalu, saya dikejutkan dengan berita pindahnya seorang anak kos. Ia adalah seorang teman seangkatan namun beda jurusan dengan saya, sudah ngendon kurang lebih 4 tahunan di kos kami. Saya malahan bisa terbilang penghuni baru di situ. Usut punya usut, menurut informan terpercaya, dia keluar kos dan pindah ke kosan lain yang tak jauh dari kosan lama karena ia udah gak tahan dengan cueknya penghuni kos lain (termasuk saya) pada KEBERSIHAN kos. Yang paling riskan adalah kebersihan KAMAR MANDI. Kebetulan kami gak punya pembantu, jadi segalanya memang harus dikerjakan sendiri.

Dulunya sih dia memulai aksi bersih-bersih bergilir. So setiap minggu pasti ada yang bersihin kamar mandi, nguras bak, nyapu lantai ruang TV, dan ngepel. Sayangnya itu hanya bertahan selama sebulan. Saking ga tahannya, akhirnya dia memutuskan untuk keluar. Hikz…sedih juga sih…tapi apa mau dikata… Continue reading

LIVING A SIGNIFICANT LIFE

2540553441_9040c90729_m

Tatkala menulis artikel ini saya teringat pada adik-adik mahasiswa baru yang saya bimbing sewaktu P3KMABA (sejenis ospek) dua tahun yang lalu. Memang almamater saya tercinta, UK Petra memberlakukan sistem orientasi yang agak berbeda dengan kampus lainnya. Tidak ada yang namanya perploncoan fisik; hampir sebagian besar aktivitas MOS dilakukan di dalam kelompok-kelompok kecil (10-16 org) yang didampingi 2 orang kakak pembimbing. Topik yang kami bahas pun agak berbeda; tentang gambar diri, tentang tujuan hidup, dan hal-hal penting lainnya mengenai kehidupan.

Masih jelas di ingatan saya, waktu itu saya melemparkan pertanyaan “apa arti kehidupan bagimu?” Jawaban yang muncul beragam, mulai dari “hidup itu misteri”, “hidup itu bagai air mengalir”, “hidup itu panggung sandiwara”, sampai “hidup itu untuk makan” (nah…yang memberi jawaban memang hobi makan sih…). Namun ketika saya lanjutkan diskusi dengan bertanya kembali, “menurut kalian hidup yang sukses itu seperti apaan?”, sebagian besar berpendapat bahwa hidup yang sukses adalah hidup berkecukupan bahkan berkelebihan dari segi material. Sisanya seputar prestasi dalam kuliah dan kehidupan sesudahnya (bekerja, menikah, dll). Continue reading

Belajar Mencintai

heart-hug-moranga1Ketika kita bertemu orang yang tepat untuk dicintai,
Ketika kita berada di tempat pada saat yang tepat,
Itulah KESEMPATAN.

Ketika kita bertemu dengan seseorang yang
membuat kita tertarik, Itu bukan PILIHAN,
itu KESEMPATAN.
Bertemu dalam suatu peristiwa bukanlah PILIHAN,
Itupun adaah KESEMPATAN.

Bila kita memutuskan untuk mencintai orang
tersebut, Bahkan dengan segala kekurangannya,
Itu bukan KESEMPATAN, itu adalah PILIHAN. Continue reading

BERCERMIN PADA KEBIJAKAN RADIO MALAYSIA

l_internetradio-internetMenarik juga mengikuti perkembangan media dan musik di negara tetangga kita, Malaysia. Ceritanya nih…lagu-lagu Indonesia lebih populer dan diminati oleh masyarakat Malaysia ketimbang lagu-lagu Melayu sendiri. Hanya karena faktor mengejar keuntungan semata maka radio lebih banyak memutar lagu-lagu Indonesia.

Beranjak dari realita inilah, menurut berita terakhir yang saya baca, Persatuan karyawan  (Seniman) Malaysia mulai 1 November 2008 akan memantau seluruh radio untuk mengetahui lagu-lagu karya musisi sendiri yang disiarkan atau karya asing, terutama musik Indonesia. Seperti dikutip dari Berita Harian, Presiden Karyawan (Persatuan Karyawan Malaysia) Freddie Fernandez, mengatakan bahwa hasil pemantauan mereka itu akan diberikan kepada menteri tenaga, air, dan komunikasi Shaziman Abu Mansor selaku pemberi izin penyiaran radio Continue reading

ASYIK…ADA YANG GAK USAH MIKIR!

Mungkin sebagian besar dari kita udah menyaksikan iklan salah satu operator terbesar di negeri ini, yang mengumandangkan seuntai kalimat nan “bijak” di atas. Saya pertama kali menontonnya beberapa hari yang lalu (emang rada telat sih, maklum jarang nonton tivi) dan langsung bingung. Lho kok bingung? Jelas karena apa yang disampaikan iklan tsb tidaklah sejalan dengan realita. Wong ketika saya nonton iklan, trus tertarik untuk membeli dan akhirnya membeli produk tersebut tentu akan melibatkan yang namanya “proses berpikir”. Lagipula, teman saya pernah bersaksi demikian, “Ah..katanya gak usah mikir…sama aja prosedurnya ribet and bikin pusing!” Yap, mungkinkah penipuan publik terjadi lagi? Yah…only GOd en yang bikin iklan yang tahu… Yang ingin saya soroti kali ini adalah muatan pesan yang dibawanya. Continue reading